Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenal Menu dan fungsi menu Ms Excel

  • Mengenal Ms. Exel 2010
Microsoft exel 2010 adalah aplikasi pengolah kata yang merupakan kelanjutan dari lanjutan dari versi sebelumnya.Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk menjalankan perintah.
Pada Ms. Exel terdapat banyak sekali icon yang memiliki fungsi berbeda-beda . berikut fungsi icon-icon pada Ms. Exel antara lain :


HOME

  1. Font : Font digunakan untuk mengubah jenis huruf dari data yang terseleksi.
  2. Font Font Size : Icon perintah ini digunakan untuk mengatur ukuran huruf atau karakter dari data terpilih.
  3. Increase Font : Perintah ini digunakan untuk memperbesar ukuran huruf secara bertahap.
  4. Decrease Fon : Decrease Font digunakan untuk memperkecil ukuran huruf secara bertahap.
  5. Bold : Icon ini berguna untuk menebalkan huruf atau karakter.
  6. Italic : Digunakan untuk memiringkan data terpilih.
  7. Underlin : Perintah ini digunakan untuk memberi tanda garis bawah pada setiap data terpilih.
  8. Border : Icon Border digunakan untuk mengatur garis tepi dari sel terpilih.
  9. Fill Color : Digunakan untuk mengatur warna shading data dalam sel terpilih.
  10. Font Color : Digunakan untuk mengatur warna huruf.
  11. Top Align : Digunakan untuk menjadikan data sel menepi ke bagian atas sel.
  12. Middle Align : Digunakan untuk menjadikan teks berada di tengah-atas sel.
  13. Bottom Align : Digunakan untuk menjadikan teks menepi ke bagian bawah sel.
  14. Orientations : Digunakan untuk mengatur arah dan posisi data dalam sel.
  15. Align Text Left : Digunakan untuk menjadikan teks rata kiri.
  16. Center : Digunakan untuk menjadikan teks rata tengah.
  17. Align Text Right : Digunakan untuk menjadikan teks rata kanan.
  18. Decrease Inden : Digunakan untuk menarik batas kiri teks ke sebelah kiri.
  19. Increase Indent : Digunakan untuk menarik batas kiri teks ke sebelah kanan.
  20. Wrap Tex : Digunakan untuk mengatur distribusi teks.
  21. Merge & Center : Digunakan untuk menggabung beberapa sel terpilih dan meletakkan teks di dalamnya di bagian tengah sel.
  22. Number Format : digunakan untuk mengatur format tertentu pada data jenis numerik yang terdapat dalam sel.
  23. Accounting : digunakan untuk mengatur format harga sesuai dengan spesifikasi mata uang.
  24. Percent Style : digunakan untuk memformat suatu data numerik dengan gaya persentase, nilai persentase akan muncul secara otomatis pada sel yang telah diformat.
  25. Comma Style : digunakan untuk menampilkan angka desimal sebagai angka bulat.
  26. Increase Decima : digunakan untuk menambah jumlah digit setelah koma dalam bilangan angka desimal.
  27. Decrease Decimal : digunakan untuk mengurangi jumlah digit setelah koma dalam angka desimal.
  28. Conditional Formattin : Menu Conditional Formatting, digunakan untuk memformat sel sebagai diagram dari data yang terdapa di dalam sel tersebut.
  29. Format as Table : Dengan menu ini user dapat memformat sel sebagai tabel dengan segala tema dan warna yang spektakuler, namun tetap memberikan kesan estetika formal, sebagai ciri khas officer, tidak norak, sederhana, simpel, dan yang penting, nilai artistik akan terbentuk.
  30. Cell Styles : Menu ini berfungsi untuk memformat suatu sel sesuai dengan kondisi dan klasifikasinya.
  31. Insert : digunakan untuk menyisipkan kolom atau baris sel di tengah-tengah sel yang sudah terisi data.
  32. Detele : dugunakan untuk menghapus baris sel maupun kolom aktif..
  33. Format : digunakan untuk melakukan properti seputar sel dan kolom yang sedang terpilih.
  34. AutoSum : Icon ini digunakan untuk menjumlahkan data dalam satu range sel yang telah di tentukan.
  35. Fill : Icon ini digunakan untuk membuat deret data dalam suatu range, menyalin isi data suatu sel atau range.
  36. Clear : Icon ini digunakan untuk menghapus suatu data dalam sel atau range yang dipilih, seperti isi,format, dan komentarsel.
  37. Sort and Filter : Icon ini digunakan untuk mengurutkan data dari yang terkecil hingga terbesar, begitupun sebaliknya.
  38. Find and Select : Icon ini digunakan untuk mencari dan mengganti data secara otomatis.

INSERT

  1. PIVOT TABLE : tabel khusus yang merangkum informasi dari kolom-kolom tertentu dari sebuah sumber data.
  2. PICTURE : Digunakan untuk menyisipkan objek gambar ke dalam lembar kerja aktif.
  3. CLIP ART: Digunakan untuk menyisipkan gambar sederhana yang lebih mirip dengan gambar vektor yang digunakan sebagai ilustrasi ke dalam suatu lembar kerja.
  4. SHAPES : Menyisipkan objek geometris, seperti segi tiga, segi empat, dan lain-lain, ke dalam lembar kerja yang sedang diaktifkan.
  5. SMART ART: Digunakan untuk menyisipkan objek dengan sistem yang lebih mengarah pada sistem hierarkis, dimana bentuk yang tersedia di menu ini kebanyakan sudah memiliki bentuk dan telah memiliki bagian di bawahnya atau di sebelahnya.
  6. SCREEN SHOT : Digunakan untuk menyisipkan objek gambar dengan terlebih dahulu menangkap area tertentu di layar monitor.
  7. COLOMN : Digunakan untuk memasukkan grafik kolom.
  8. LINE : Digunakan untuk memasukkan grafik garis.
  9. PIE : Digunakan untuk memasukkan grafik lingkaran.
  10. BAR : Digunakan unruk memasukkan grafik batang
  11. AREA : Digunakan untuk memasukkan grafik area.
  12. SCATTER : Digunakan untuk memasukkan grafik distribusi.
  13. OTHER CHAT : Digunakan untuk memasukkan grafik lainnya.
  14. INSERT LINE SPARKLINE : Digunakan untuk menyisipkan grafik garis pada satu sel.
  15. INSERT COLOMN SPARKLINE : Digunakan untuk menyisipkan kolom pada satu sel.
  16. INSERT WIN/LOSS SPARKLINE : Digunakan untuk menyisipkan daftar kerugian/keuntungan pada satu sel.
  17. SLICER : Digunakan untuk memudahkan dalam penyaringan data dalam pivot table.
  18. HIPERLINK : Bagian dari Web page yang menghubungkan Anda ke file lain, menyediakan seamless link (hubungan) ke file-file pada komputer lain. Biasa dikenal sebagai link. Mengklik hyperlink berarti mem-browse WWW dan mengunjungi berbagai lokasi.
  19. sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain.
  20. Hiperlink Berfungsi untuk Mengarahkan ke alamat tujuan.
  21. TEXT BOX : berfungsi untuk Memasukkan / menambahkan kotak teks.
  22. HEADER & FOOTER : berfungsi untuk Memasukkan / menambahkan kepala halaman dan kaki halaman.
  23. WORDART : salah satu fasilitas pada microsoft .word dimana digunakan untuk mendekorasi text dalam dokumen yang dibuat, banyak macam style WordArt.
  24. WordArt berfungsi untuk menambahkan / menyisipkan tulisan indah pada dokumen.
  25. SIGNATURE LINE : Digunakan untuk Memberi tanda tangan pada dokumen.
  26. OBJECT :  Object berfungsi untuk Memasukkan / manambahkan file lain.
  27. EQUATION : Digunakan untuk Menyisipkan rumus matematika otomatis.
  28. SYMBOL : Digunakan untuk Menyisipkan Simbol – simbol pada dokumen seperti simbol Phi, Beta dsb.

PAGE LAYOUT

  1. THEMES : Digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
  2. COLORS : Digunakan untuk mengatur warna tema halaman.
  3. FONT : Digunakan untuk merubah font tampilan.
  4. EFFECTS : Digunakan untuk merubah/memberi effects tampilan.
  5. MARGINS : berfungsi untuk memberi lebar batas kertas.
  6. ORIENTATION : berfungsi untuk mengubah posisi kertas, portrait (berdiri) ataupun landscape(tidur).
  7. SIZE : berfungsi untuk merubah ukuran kertas
  8. PRINT AREA : berfungsi untuk menentukan luas area yang akan diprint dalam satu halaman, 
  9. BREAKS : berfungsi untuk memutuskan halaman/mengosongkan halaman bawah
  10. BACKGROUND : berfungsi untuk memberi background pada lembar kerja juga dapat memberikan foto.
  11. PRINT TITLES : berfungsi untuk menentukan baris yang diprint berulang-ulang.WIDTH : berfungsi untuk menentukan skala lembar kerja pada hasil printout (berdasarkan lebarnya)
  12. HEIGHT : berfungsi untuk menentukan skala lembar kerja pada hasil printout (berdasarkan tingginya)
  13. SCALE : berfungsi untuk menetukan skala lembar kerja pada hasil printout.
  14. GRIDLINES : berfungsi untuk menentukan apakah garis pandu pada lembar kerja akan ditampilkan atau tidak.
  15. HEADINGS : berfungsi untuk menentukan apakah kolom pada lembar kerja akan ditampilkan atau tidak.
  16. BRING FORWARD : berfungsi untuk meletakan obyek pada posisi paling depan
  17. SEND BACKWARD : berfungsi untuk meletakan obyek pada posisi paling belakang
  18. SELECTION PANE : berfungsi untuk menampilkan kotak dialog selection pane.
  19. ALIGN : berfungsi untuk menata align antar obyek
  20. GROUP : berfungsi untuk menjadikan beberapa obyek menjadi satu group
  21. ROTATE : berfungsi untuk memutar obyek.

FORMULAS

  1. INSERT FUNCTION : berfungsi untuk memasukkan formula (rumus).
  2. RECENTLY USED : berfungsi untuk membuka kembali formula yang baru digunakan.
  3. FINANCIAL : berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan dengan keuangan.
  4. LOGICAL : berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan dengan logika/analisa.
  5. TEXT : berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan dengan text.
  6. DATE & TIME : berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan dengan tanggal dan waktu.
  7. LOOKUP & REFERENCE : berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan dengan data dan referensi.
  8. MATH & TRIG : berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan dengan ilmu pasti dan trigonometri.
  9. MORE FUNCTION : berisi kumpulan formula (rumus) lainnya.
  10. NAME MANAGER : berfungsi untuk mengatur/merubah/memperbaiki sebuah range atau cell.
  11. DEFINE NAME : berfungsi untuk memperbaiki/merubah nama sebuah cell atau range.
  12. USE IN FORMULA : berfunsi untuk mengetahui nama sebuah celll atau range yang digunakan dalam formula.
  13. CREATE FROM SELECTION : berfungsi untuk membuat nama sebuah cell atau range yang dipilih.
  14. TRACE PRECEDENCE : berfungsi untuk menampilkan yang berhubungan dengan cell-cell yang terkait dengan sebuah cell yang berisi formula.
  15. TRACE DEPENDENTS : berfungsi untuk menampilkan anak panah yang berhubungan dengan cell-cell yang terkait dengan sebuah cell yang berisi.
  16. REMOVE ARROWS : berfungsi untuk menghilangkan efek anak panah dari trace precendents dan trace dependents.
  17. ERROR CHECKING : berfungsi untuk mengecek formula yang error.
  18. EVALUATE FORMULA : berfungsi untuk mengevaluasi formula.
  19. WATCH WINDOW : berfungsi untuk menampilkan jendela watch window, yang digunakan untuk memonitor beberapa sel sekaligus, meskipun sedang bekerja pada lembar kerja yang berbeda.
  20. CALCULATION OPTIONS : berfungsi untuk memilih formula yang akan dikalkulasi atau dihitung.
  21. CALCULATE NOW : berfungsi untuk menghitung atau mengkalkulasi data pada woorkbook yang sedang dikerjakan.
  22. CALCULATE SHEET : berfungsi untuk menghitung serangkaian data pada sheet yang sedang dikerjakan

DATA


  1. FROM ACCES : Mengimport data (database) dari microsoft acces.
  2. FROM WEB : Mengimport data (database) dari website.
  3. FROM TEXT : Mengimpor data dari data (database) file teks.
  4. FROM OTHER SOURCES : Mengimpor data (database) dari sumber lain.
  5. EXISTING CONNECTIONS : Menyambungkan data dari luar microsoft excel yang sedang kita gunakan.
  6. REFRESH ALL : Menyegarkan data (update) yang terhubung dengan lembar kerja (workbook).
  7. CONNECTIONS : Menampilkan kotak dialog atau data yang sedang terhubung dengan lembar kerja.
  8. PROPERTIES : Mengatur jenis data yang sedang terhubung dengan lembar kerja (workbook).
  9. EDIT LINKS : Menampilkan semua data yang terhubung dengan workbook serta melakukan editan terhadap data dari sumber tersebut.
  10. SORT : Menampilkan kotak dialog sort, untuk mengurutkan data sesuai dengan keiinginan pengguna.
  11. FILTER : Mengaktifkan filter data berdasarkan pengaturan yang telah di buat pada menu SORT atau sesuai kriteria.
  12. CLEAR : Mengaktifkan / menonaktifkan filter dan sort pada data.
  13. REAPPLY : Mengaplikasikan kembali filter atau sort pada kolom cell atau range.
  14. ADVANCED : Mengatur sort atau filter secara lebih detail.
  15. TEXT TO COLUMNS : Mengubah teks menjadi per kolom.
  16. REMOVE DUPLICATES : Menghapus data dalam baris yang ganda.
  17. DATA VALIDATION : Mencegah data yang tidak valid yang dimasukkan dalam data cell.
  18. CONSOLIDATE : Menggabungkan lebih dari 1 data kedalam 1 cell.
  19. WHAT IF-ANALYSIS : Menganalisis atau mencoba
  20. GROUP : Menggabungkan beberapa garis menjadi satu grup.
  21. UNGROUP : Membatalkan beberapa garis yang tidak diinginkan menjadi satu grup.
  22. SUBTOTAL : Melakukan penghitungan terhadap kategori item yang termasuk dalam group
REVIEW
  1. SPELLING & GRAMMAR : Digunakan untuk mengecek ketepapan ejaan teks.
  2. RESEARCH : Digunakan untuk menampilakn kotak dialog kamus/reverensi.
  3. THESAURUS : Digunakan untuk menampilkan pilihan teks pada saat ada kata yang terpilih.
  4. TRANSLATE : Berfungsi untuk menerjemahkan teks terpilih ke dalam satu bahasa berbeda.
  5. NEW COMMENT : digunakan untuk membuat dan mengolah komentar.
  6. DELETE adalah untuk Menghapus Komen.
  7. PREVIOUS adalah untuk melihat koment sebelumnya.
  8. NEXT adalah untuk melihat komen selanjutnya.
  9. SHOW/HIDE COMMENT adalah tayangkan atau menyembunyikan komentar.
  10. SHOW ALL COMENT adalah menampilkan semua komentar.
  11. SHOW INK : Digunakan untuk menampilkan keterangan tinta pada lembar kerja.
  12. PROTECT SHEET : Digunakan untuk mengunci sheet
  13. ROTECT WORKBOOK : Digunakan untuk mengunci lembar kerja
  14. SHARE WORKBOOK : Digunakan untuk berbagi lembar kerja
  15. PROTECT AND SHARE WORKBOOK : Digunakan untuk mengunci dan berbagi lembar kerja.
  16. ALLOW USERS TO EDIT RANGES : Digunakan untuk menyetujui pengguna untuk mengedit ranges.
  17. TRACK CHANGES : Digunakan untuk menelusuri perubahan yang dilakukan terhadap file workbook yang dipakai bersama.
VIEW


  1. Normal : Berfungsi menampilkan lembar kerja dalam bentuk normal.
  2. Page Layout : Berfungsi menampilkan lembar kerja dalam bentuk lembaran kertas.
  3. Page Break Preview : Berfungsi untuk menampilkan lembar kerja yang hanya berisi data saja.
  4. Custom Views : Berfungsi untuk menampilkan lembar kerja sesuai keperluan kita.
  5. Full Screen : Berfungsi menampilkan lembar kerja dalam bentuk maksimal (full).
  6. Ruler : Berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan penggaris.
  7. Formula Bar : Berfungsi menampilkan/menyembunyikan formula bar.
  8. Gridlines : Berfungsi menampilkan/menyembunyikan garis bantu.
  9. Headings : Berfungsi menampilkan/menyembunyikan kepala kolom dan baris.
  10. Zoom : Berfungsi mempebesar tampilan.
  11. 100 % : Berfungsi untuk mengembalikan tampilan pada ukuran 100%.
  12. Zoom to Selection : Berfungsi melakukan zoom pada sel yang terpilih.
  13. New Window : Berfungsi menampilkan lembar kerja pada jendela lainnya.
  14. Arrange All : Berfungsi menampilkan semua lembar kerja pada satu jendela.
  15. Freeze Panes : Berfungsi membatasi cell yang diijinkan untuk bergulung.
  16. Split : Berfungsi memecah tampilan jendela lembar kerja menjadi beberapa bagian yang dapat diatur besarnya.
  17. Hide : Berfungsi menyembunyikan jendela lembar kerja.
  18. Unhide : Berfungsi menampilkan kembali jendela lembar kerja.
  19. View Side by Side : Berfungsi menampilkan 2 lembar kerja secara berdampingan.
  20. Synchronous Scrolling : Berfungsi menyelaraskan penggulungan dua dokumen sehingga tergulung bersama-sama.
  21. Reset Window Position : Berfungsi mereset posisi jendela dokumen yang tampil secara side by side, sehingga keduannya tampil dengan tampilan yang sama pada layar.
  22. Save Workspace : Berfungsi menyimpan semua susunan jendela saat ini sebagai sebuah workspace untuk ditampilkan kembali dikemudian waktu.
  23. Switch Window : Berfungsi untuk berpindah ke jendela excel lainnya yang sedang terbuka
  24. Macros : Berfungsi merekam atau mengatur video.

                                           

Komentar